UPDATE 2019

On November 30, 2020, CentOS will stop supporting CentOS 6 on all systems, including your server. At that time CentOS will no longer provide bug, security, or feature updates. We encourage you to migrate to a server using CentOS 7 before November 30, 2020. Information about cPanel deprecation plan is available in our documentation.

Informasi diatas intinya kita dipaksa untuk beralih dari Centos 6, dan tentunya artikel ini harus disesuaikan karena ada beberapa kendala atau hal yang perlu diketahui.

Berikut beberapa kendala yang saya temukan berikut solusinya:

1. Your system is missing the file /etc/fstab

2019-01-28 19:18:53 571 (ERROR): Your system is missing the file /etc/fstab. This is an
2019-01-28 19:18:53 572 (ERROR): essential system file that is part of the base system.
2019-01-28 19:18:53 573 (FATAL): Please ensure the system has been properly installed.

yang harus dilakukan adalah membuat file /etc/fstab

touch /etc/fstab
chmod 0640 /etc/fstab

2. Change runlevel 5 to 3 for cPanel Installation

Karena cpanel menggunakan runlevel 3 (multi-user.target), maka kita harus menggantinya supaya proses instalasi berlanjut.

Cek runlevel dengan perintah:

runlevel

Cek runlevel yang tersedia dengan perintah:

systemctl list-units -t target -a

Aktifkan runlevel 3 (multi-user.target) dengan pertintah:

systemctl set-default multi-user.target

Lakukan proses restart dan silakan coba jalankan kembali perintah instalasinya.

Install cPanel bisa dilakukan dengan mudah terlebih diinstall pada VPS karena sudah banyak yang menyediakan single click untuk install cPanel atau bahkan sudah berupa image/iso.

Berikut langkah-langkah instalasi cpanel yang bisa diimplementasikan pada Dedicated Server maupun Virtual Private Server.

Kebutuhan Minimal

  • Sangat direkomendasikan menggunakan OS Centos  64 bit.
  • Sangat direkomendasikan menggunakan ext filesystem (misalnya : ext2, ext3, or ext4).
  • Minimal menggunakan  processor 266 MHz, RAM 512 MB (dianjurkan RAM 1GB atau lebih untuk account lebih dari satu atau kebutuhan aplikasi/web yang tinggi), dan 10GB Harddisk (dikondisikan dengan kebutuhan).

PERSIAPAN

Apabila kebutuhan minimal diatas sudah dirasa terpenuhi, langkah selanjutnya adalah melakukan persiapan sebelum instalasi cPanel dilakukan.

Akses Server/VPS

Akses bisa dengan cara remote SSH (putty di Windows) atau terminal (Linux) atau bisa juga menggunakan VNC (beberapa provider vps aktifkan VNC).

Matikan Default Firewall

Untuk menghindari adanya default rule iptables yang menganggu interkoneksi, disarankan untuk mematikan terlebih dahulu firewall

chkconfig iptables off
service iptables stop

Cek Update

Lakukan proses pengecekan update software/system/kernel untuk mendapatkan update terbaru dari OS yang digunakan.

yum update

Lisensi cPanel

cPanel memberikan lisensi ujicoba/Trial untuk IP yang belum pernah menggunakan cPanel, sehingga apabila sebelumnya IP yang digunakan telah menggunakan cpanel sebelumnya maka anda harus terlebih dahulu membeli lisensi cPanel. Untuk mengetahui apakah IP yang digunakan telah menggunakan cPanel atau belum, bisa dilakukan pengecekan di http://verify.cpanel.net/

INSTALASI CPANEL

CATATAN: Untuk cpanel terbaru (cPanel & WHM version 58 keatas) memiliki fitur EasyApache 4 dan akan otomatis menjadi default pada proses instalasinya. Untuk tetap menggunakan EasyApache 3 buat file /etc/install_legacy_ea3_instead_of_ea4 bisa dengan menjalankan perintah dibawah ini:

touch /etc/install_legacy_ea3_instead_of_ea4

Terlebih dahulu pastikan bahwa Perl telah terinstall atau Perl telah menggunakan versi terbaru.

yum install perl

Pastikan wget telah terinstall

yum install wget

Jalankan perintah dibawah ini secara berurutan:

  • cd /home
  • wget -N http://httpupdate.cpanel.net/latest
  • sh latest

atau dengan 1 baris perintah dibawah ini:

cd /home && curl -o latest -L https://securedownloads.cpanel.net/latest && sh latest

Proses instalasi memang akan membutuhkan waktu yang cukup lama, beberapa faktor yang mempengaruhinya adalah spesifikasi Server/VPS dan interkoneksi (bandwidth) dengan server cPanel. Saat Tutorial ini dibuat, belum ada mirror cPanel di IIX sehingga untuk server yang berada di IIX dengan keterbatasan bandwidth internasional tentu akan memakan waktu yang cukup lama dibanding dengan server yang berada di Luar Negeri.

Apabila koneksi remote ssh anda terputus, proses instalasi tetap berjalan dan bisa dimonitor dari log instalasinya dengan cara:

tail -f /var/log/cpanel/cpanel-install.log

Pada proses instalasi cPanel, server akan langsung diinstall beberapa software yakni Apache, PHP dll. Khusus untuk Apache dan PHP bisa disesuaikan kembali dengan kebutuhan setelah cPanel terinstall melalui tools EasyApache.

AKSES WHM

Setelah proses instalasi selesai (berhasil/tidak gagal), secara default WHM (Web Host Manager) bisa diakses dengan menggunakan URL https://IP-SERVER:2087

Content Protection by DMCA.com